Friday 2 March 2012

PLAGIAT BOLEH APA NGGA SIH????



PLAGIAT BOLEH APA NGGA, SIH????
Selama ini, mahasiswa/I,dosen dan seluruh civitas akademika (khusus UNPAD) dilarang keras untuk melakukan keiatan plagiat terutama dalam penulisan penelitian ilmiah. Mengapa?? Karena seharusnya seorang yang terpelajar/berpendidikan bisa menuangkan ide-idenya secara orisinal tanpa melakukan COPAS alias copy paste atau nama kerennya plagiat. Sebenarnya plagiat bisa di minimalisir dengan melakukan pemahaman tentang dampak buruk plagiat kepada segenap civitas akademik. Dampak buruk dari kegiatan plagiat adalah terbentuknya lulusan-lulusan yang kurang berkualitas, tidak berkembangnya pola pikir dan ide-ide dari seorang akademisi yang diluluskan, dan yang paling parah adalah dampak bagi bangsa Indonesia, mungkin bangsa ini akan kalah bersaing dengan bangsa lain. Mengapa?? Karen kita kurang bisa menuangkan ide-ide brilian hasil dari pola piker kirta sendiri. Bener ga?? Ya bener-lah,maybe J.
Tadi ketika buka twitter, saya membaca ada kasus plagiat di salah satu universitas yang menghasilkan para guru, bahwa calon guru besar mereka melakukan kegiatan plagiat pada salah satu penelitian ilmiahnya. Dan kasus itupun sekarang sedang ditangani pihak terkait termasuk oleh DIKTI. Sungguh memalukan sebenarnya, seorang calon guru besar melakukan plagiat. Ckckc,..apabila  dosennya aja sudah tidak melakukan kegiatan tidak terpuji, bagaiaman dengan masa depan para calon pemimpin banga ini (mahasiswa)??.
Terus, sebenarnya plagiat boleh apa ngga sih?? Ya jelas ga bolehlah tapi ada jalan yang lebih baik yaitu dengan cara kita menuliskan sumber dari kutipan kalimat yang kita cantumkan di penulisan ilmiah. Ini jelas diperbolehkan, ya asalkan tidak semuanya kita tulis dalam penulisan ilmiah itu. Kan yang terpenting adalah ide-ide yang ada kita olah untuk penulisan ilmiah. Ya tentunya dengan cara kita sering baca buku, sehingga kita bisa mengambil suatu kesimpulan dari semua buku yang kit abaca.
Banyak cara agar kita terlatih untuk menuangkan ide-ide kita, salahsatunya dengan sering membuat tulisan di blog yang kita buat ataupun membuat catatan harian, membuat opini di Koran, atau aktif mengikuti perlombaan menulis baik berupa karya tulis ilmiah ataupun non-ilmiah. Ayo dari sekarang kita belajar untuk tidak melakukan plagiat. Agar kita menjadi seorang yang kreatif dan mampu bersaing dengan bagsa lain. Betul ??? :)_   AP©2012




arip_perbawa

0 comments: