Thursday 19 April 2012

Fenomena Kampus : Persiapan Ujian system SKS (system kebut semalam) BAG 1


Fenomena Kampus : Persiapan Ujian system SKS (system kebut semalam)
BAG 1
Sepertinya kita sudah tidak asing lagi mendengar SKS. Ya bagi mahasiswa SKS ada dua arti alias bermakna ganda. Pengertian pertama SKS adalah system kredit semester. Dengan system ini para mahasiswa di beri kebebasan utk memilih mata kuliah yang akan diambil dalam satu semester.  Dalam SKS sendiri  terdapat beberapa penjabaran bagi seorang mahasiswa dan dosen (kutipan : http://walangkopo99.blogspot.com/2012/01/pengertian-sks-satuan-kredit-semester.html).
1.       Sebagai ukuran beban studi mahasiswa
2.       Sebagai ukuran penyelenggaraan pendidikan bagi tenaga pengajar
3.       Sebagai besarnya usaha untuk belajar selama satu semester
4.       Sebagai pengakuan keberhasilan mahasiswa menempuh suatu mata kuliah.
Nah itulah penjelasan tentang SKS pengertian yang pertama.
Pengertian SKS yang selanjutnya adalah system kebut semalam. Ini menyangkut cara belajar, dan kebiasaan belajar dari seorang pelajar/mahasiswa. Tidak dapat dipungkiri bahwa Sistem belajar SKS cukup ampuh untuk melawan Ujian baik Quiz,UTS maupun UAS. Yang menjadi pertanyaannya adalah apakah layak seorang pembelajar yang baik menggunakan system SKS?? Apakah ilmunya akan berguna dalam jangka waktu yang lama??
Penulis sendiri memang sering melakukan system SKS dalam menghadapi Quiz,UTS dan UAS. Karena memang itu cukup efektif dan efisien. Juga system SKS membantu untuk memahami materi yang akan di ujikan.  Tetapi dalam jangka waktu lama, ilmu yang setelah diujikan itu mendadak hilang ditelan zaman. Dalam jangka waktu lama, memang otak tidak mampu mengingat pelajaran yang lalu-lalu, paling banter hasil dari SKS kuat untuk 2 mingguan.
To be Continued……………..

0 comments: