Friday 11 May 2012





Sukses Hidup Bagian 1 :
Mengatur Waktu dengan tepat dan proporsional
“Detik berubah menit, menit berubah jam, jam berubah hari, hari berubah minggu, minggu berubah bulan, bulan berubah tahun, tahun berubah abad”…..
“waktu sedetikpun tidak akan kembali, maka pergunakanlah sebaik-baiknya’

Ada satu hal yang sering kita lupakan dan mungkin kita jarang sekali mensyukuri akan hal tersebut yaitu nikmat waktu. Waktu adalah perjalanan dari suatu massa benda hidup/mati yang tidak dapat terlihat (intangible) tetapi hanya dapat disadari dan dirasakan perubahannya. Setiap orang didunia ini tahu dan sadar dengan adanya waktu. Tapi sikap dari orang berbeda terhadap waktu. Waktu sebenarnya adalah modal yang Allah SWT berikan kepada makhluk-Nya untuk beribadah dan menjadi khalifah di muka bumi. (Coba lihat Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 30 dan Ad-Dzariyat ayat 56). Setiap orang diberikan modal waktu yang sama dalam yaitu 24 jam sehari. Kita ingin sukses/berhasil, gagal, bahagia, terpuruk, pemenang ataupun pecundang sebenarnya ada di pengaturan waktu. Bagi orang yang ingin sukses, maka dia gunakan waktu dengan tepat dan propporsional. Dia buat life plan hingga dia meninggal, lalu dia juga buat skala prioritas dalam hidupnya, mulai dari tahunan, bulanan, harian, hingga perjam. Sungguh luar biasa, dengan mengelola waktu secara tepat, hidup kita akan terarah dengan baik sesuai dengan tujuan/goal hidup kita.  Sebenarnya dalam menggunakan waktu secara tepat dan proporsional bisa dilakukan oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun asalkan dia istiqomah/konsisten terhadap apa yang ia rencanakan. Jangan sampai setelah kita membuat life plan yang bagus, tetapi tidak dilakukan/ diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, maka itu akan sia-sia alias tidak berguna. Jadi disini perlunya tindakan alias action yang real dari rencana yang sudah dicanangkan oleh kita.
Banyak orang yang sukses dalam hidupnya karena dia bisa mengatur waktu dengan baik dan berperang melawan tantangan yang menghadang tujuan hidupnya. Itulah mental seorang pejuang yang gigih, pejuang yang selalu berpikir positif dalam hidupnya dan pantang menyerah. Lalu yang menjadi pertanyaannya adalah bagaimana agar kita bisa mengelola waktu dengan tepat dan proporsional. Menurut murabbi saya, kang Deden Amwar, caranya mudah yaitu buat saja tabel skala prioritas. Apa itu tabel prioritas, nah ini dia :
 


Silahkan isi masing-masing kolom berdasarkan tingkat penting-genting, penting tidak genting, tidak penting genting dan tidak penting tidak genting. Nah dari sana kita akan tahu, mana hal-hal positif yang harus kita lakukan dan mana saja hal-hal negative yang tidak perlu kita lakukan. Yang perlu dilakukan adalah hal-hal yang penting saja, sedangkan hal-hal yang tidak penting lebih baik dikurangi ataupun tidak dilakukan. Maksud dari angka 20% adalah hal-hal yang termasuk kedalam kategori penting-genting lebih baik kita porsikan sedikit, mengapa?? Karena sejatinya apabila kita bisa membuat  plan hidup yang tepat dan mengelola waktu dengan baik, waktu-waktu genting alias deadline dapat kita kurangi. Lalu maksud dari 80% adalah perbanyaklah waktu-waktu yang penting-tidak genting. Ini akan terjadi apabila kita bisa mengelola waktu dengan baik. Setiap orang bisa melakukan kegiatan yang efektif dan efisien dengan membuat tabel skala prioritas. Dimanapun, kapanpun kita akan totalitas dalam mengerjakan sesuatu. Mau dikampus, kostan, rumah, mesjid, asrama, dijalan kita akan totalitas alias all out dalam pekerjaan kita.
Ini semua adalah proses, perlu konsistensi dan kesabaran dalam melakukannya. Apakah tabel skala prioritas bisa membuat anda lebih baik dalam mengatur waktu??? Jawabannya adalah do it now!!!! Ok. ©AP 2012




0 comments: