Monday 4 March 2013

Resensi Buku Sukseskan Mudamu! Strategi Sukses 17 Mahasiswa Berprestasi Indonesia


Judul Buku            : Sukseskan Mudamu!, Strategi Sukses 17 Mahasiswa Berprestasi Indonesia
Penulis                  : M. Iffan Fanani & Muhammad Ichsan
Penerbit                 : Penerbit Rumah Pembelajar
Tahun                    : I, Oktober 2011
Tebal                     : 305 halaman

Buku ini menceritakan tentang 17 orang mahasiswa berprestasi yang berasal dari perguruan tinggi negeri terkenal di Indonesia. Maksud dari mahasiswa berprestasi disini bukan hanya mahasiswa yang mendapatkan IPK tinggi ketika lulus tetapi juga mahasiswa yang mampu memberikan pengaruh positif bagi lingkungannya dan masyarakat. Buku ini berisi resep-resep kesuksesan yang bisa dipraktekkan oleh siapapun. Mulai dari cara bagaimana mengatur waktu, menjadi mahasiswa berprestasi dan exchange ke luar negeri.
Diawal buku ini sudah disuguhkan seorang mahasiswa yang mendapatkan IPK cumlaude sempurna yaitu 4,00 dari skala 4. Dialah Muhammad Fajrin Rasyid, mahasiswa ITB Tekhnik Informatika STEI. Bayangan saya, langsung terbayang nilai ujian pada kartu kemjuan studi yang terpampang A semua tanpa ada nilai A- atau B. Prestasi yang sungguh luar biasa. Selain IPK nya yang tinggi Muhammad Fajrin juga aktif di organisasi dan program exchange ke Korea Selatan. Bagi para pembaca seolah menjadi kerdil ketika membaca buku ini, tapi jangan pesimis dulu karena kita akan menemukan jurus-jurus maut dari 17 mahasiswa berprestasi ini mengenai kesuksesan mereka. Dengan bahasan yang begitu mudah dipahami dan sederhana kita bisa menyerap dan mempraktekkan bagaimana mereka bisa sukses.
Buku ini mematahkan dan menjelaskan tentang beberapa mitos mahasiswa berpretasi, mulai dari pembuktian bahwa mahasiswa berprestasi bukan hanya berasal dari kota dan orang kaya tetapi orang yang miskin dan dari desa pun bisa menjadi mahasiswa berprestasi. Mahasiswa berprestasi juga  tidak hanya berasal dari SMA favorit tetapi juga berasal dari SMA yang biasa-biasa saja.
Ada enam kunci kesuksesan yang menjadi pegangan 17 mahasiswa berprestasi ini, yaitu : keyakinan, keberanian, keinginan, belajar, jaringan social dan kekuatan pendukung. Enam kunci kesuksesan ini bisa kita gunakan dan jadikan patokan bagi kita dalam meraih prestasi. Tidak ada kata menyerah dalam kamus orang sukses yang ada adalah mencoba dan terus bangkit dari kesalahan.
Buku ini disarankan bagi mahasiswa atau calon mahasiswa yang ingin mengukir prestasi dan sukses selama menjadi mahasiswa dan pasca kampus. Setelah membaca buku ini, seolah-olah kita di beri lecutan adrenalin sehingga tidak ada alasan bagi kita untuk tidak berprestasi. Selamat berprestasi! 

0 comments: